img_head
SEJARAH PENGADILAN NEGERI TANGERANG

Sejarah Pengadilan Negeri Tangerang

Telah dibaca : 1.147 Kali

Profil Pengadilan Negeri Tangerang

Sejarah Berdirinya Pengadilan Negeri Tangerang Dalam mewujudkan suasana perikehidupan yang sejahtera, aman, tentram dan tertib seperti yang diamanatkan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara, maka dibutuhkan adanya lembaga yang bertugas menyelenggarakan keadilan dengan baik. Salah satunya lembaga untuk menegakkan kebenaran dalam mencapai keadilan, ketertiban dan kepastian hukum adalah badan-badan peradilan sebagaimana dimaksudkan dalam Undang-Undang No. 48 tahun 2009 tentang

Ketentuan-Ketentuan Pokok Kekuasaan Kehakiman, yang masingmasing mempunyai lingkup kewenangan menggali perkara atau sengketa di bidang tertentu. Kekuasaan kehakiman di lingkungan Peradilan Umum dan Undang-undang ini dilaksanakan oleh Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi yang berpuncak pada Mahkamah Agung, sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditentukan oleh Undang-Undang No. 48Tahun 2009. Pengadilan Negeri merupakan pengadilan tingkat pertama untuk memeriksa dan menyelesaikan perkara pidana dan perkara bagi rakyat pencari keadilan pada umumnya, kecuali undang-undang menentukan lain.

Pengadilan Negeri Tangerang merupakan Pengadilan Negeri Kelas I A Khusus yang berada dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Banten. Wilayah hukum Pengadilan Negeri Tangerang meliputi seluruh daerah administratif Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang.

Pada awalnya Pengadilan Negeri Tangerang merupakan pemecahan dari Pengadilan Negeri Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Pengadilan Negeri Tangerang pertama kali diresmikan pada 15 Juni 1966, berkantor di Jalan Daan Mogot No.15 Tangerang, yang merupakan bangunan yang didirikan pada zaman Belanda dan dikenal dengan sebutan LANDRAAD. Pengadilan Negeri Tangerang pertama kali dipimpin oleh R.SOEGONDO KARTANEGARA, SH. Sebagai Ketua dan M. SOEWARDI KARTOSENTONO sebagai Panitera Kepala. Pada 7 Februari 1983 kantor Pengadilan Negeri Tangerang berpindah lokasi di Jalan Taman Makam Pahlawan Taruna Tangerang sampai dengan sekarang, dengan luas tanah ± 4000 m2., yang diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Kehakiman Jawa Barat yang saat itu dijabat oleh SOEHENDRO HENDARSIN, SH.